Senin, 23 November 2015  |  Penulis/Sumber : Kanal Hukum

Wawasan Nusantara Sebagai Elemen Utama Pemersatu Bangsa

Keberagaman di Indonesia adalah potensi yang luar biasa dan dapat digunakan untuk menguatkan sistem kedaulatan negara melalui konsep wawasan nusantara


Negara Republik Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku, ras dan agama. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah potensi yang luar biasa yang dapat digunakan untuk menguatkan sistem kedaulatan negara melalui konsep wawasan nusantara.

Melihat keberagaman masyarakat Indonesia maka diperlukannya suatu sistem pemersatu bangsa yang membuat nusantara Indonesia menjadi kokoh dan kuat dari gempuran ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Undang-Undang Dasar sebagai konstitusi Negara telah berperan baik dalam menjaga integritas bangsa. Tetapi dalam penerapannya masih dibutuhkan sistem yang mengatur operasional dalam konteks bermasyarakat dan bernegara terutama yang terkait dengan bidang politik, hukum, sosial, budaya dan pertahanan serta keamanan.

Melihat sampai sekarang belum ada regulasi atau  peraturan yang mengatur mengenai wawasan Nusantara, maka Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk di sahkan menjadi Undang-Undang (UU) tentang Wawasan Nusantara yang bertujuan tidak hanya untuk sebagai alat pemersatu bangsa, tetapi juga sebagai panduan dan pedoman (the way of life) bagi masyarakat Indoneisa untuk dapat menghormati dan memahami Kebhinekaan dalam aspek kehidupan nasional guna mencapai tujuan Nasional.

Berdasarkan hal di atas, RUU Wawasan Nusantara sangat penting dalam kehidupan berbangsa karena tidak sekedar mengatur bagaimana cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis, tetapi juga berdasarkan ideologi nasionalnya yang harus dapat diimplementasikan dalam satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Sehingga wawasan nusantara terejawantahkan ke dalam dan keluar.

Apabila kita melihat kejadian sekarang, degradasi moral terus menggerus kehidupan masyarakat Indonesia. Perkembangan zaman yang begitu pesatnya lambat laun membuat budaya asli Indonesia semakin tidak dikenal oleh bangsanya sendiri. Kearifan lokal dan adat istiadat yang sudah mengakar kuat sejak zaman dahulu sudah semakin hilang dan tak dipertahankan oleh para penerusnya. Padahal Indonesia sebagai Negara yang berdaulat dapat dilihat identitas dan karakternya dari budaya dan wawasan nusantaranya. Sehingga untuk itu diperlukan regulasi perundang-undangan nasional yang secara menyeluruh mengatur dan mempertahankan wawasan nusantara sebagai prinsip dasar bernegara dan berdemokrasi.

Dalam RUU Wawasan Nusantara tidak hanya mengatur mengenai apa itu Nusantara, tetapi juga mengatur mengenai wawasan nusantara dalam bidang politik, sosial, hukum dan budaya. Selain itu dalam RUU wawasan nusantara juga mengatur mengenai pertahanan, keamanan Negara serta perwujudan lembaga Negara yang sesuai dengan arah tujuan bernegara. Dengan adanya RUU Wawasan nusantara, maka hal ini menjadi payung hukum dalam mensinergikan kedaulatan bangsa dalam khazanah keragaman sebagai bagian dari perjuangan menyatukan bangsa dalam visi yang sama dengan kerangka Wawasan Nusantara.

 
Kanalhukum TV